Announcement‎ > ‎

Jurnal & Album Perjalanan: Program Visiting Students & Language Instructors ke UIN Malang (16-18 April 2018)

posted Apr 20, 2018, 3:09 PM by Unit Pusat Bahasa IAIN Manado   [ updated Apr 23, 2018, 5:24 PM ]
UPB IAIN Manado - Rombongan yang beranggotakan 9 orang, satu orang pendamping (Kepala UPB), 4 orang mahasiswa, dan 4
orang tutor bahasa Unit Pusat Bahasa IAIN Manado bertolak ke UIN Malang pada hari Senin, 16 April 2018, pukul 12.50 WITA dari Bandara Internasional Samratulangi menuju Kota Malang.


Kegiatan ini dimaksudkan untuk membuka wawasan para peserta tentang budaya akademik, tata kelola dan proses pembelajaran, khususnya pembelajaran bahasa Arab dan Inggris di UIN Malang melalui dua lembaga strategisnya, yaitu Pusat Pengembangan Bahasa dan Pusat Ma'had Sunan Ampel 'Ali UIN Malang.

16 April 2018: 
Pukul 08.00 WITA, Rombongan berkumpul di UPB IAIN Manado untuk mengikuti briefing singkat dari kepala UPB terkait dengan tujuan dan agenda penting selama dalam perjalanan.

Pukul 09.00 WITA, rombongan sarapan pagi di warung favorit mahasiswa IAIN Manado; warung yang populer dengan nama
Warung Ma Edha, berada di bantaran kali Malendeng di belakang Gedung A-C Kampus IAIN Manado.

Pukul 09.45 WITA, setelah sarapan pagi, mereka kembali ke UPB untuk berkemas sambil menunggu ke datangan mobil yang akan mengantar mereka ke Bandara. Dua mobil tipe Avansa dipesan untuk mengangkut 9 orang peserta rombongan ke Bandara.

Pukul 10.00 WITA, dua mobil berangkat ke Bandara. Saat tiba di Bandara Samrat, para peserta segera melakukan proses check-in di couter Lions Air tujuan Bandara Int' Juanda Surabaya.

Pukul 12.50 WITA, panggilan boarding terdengar dan para peserta langsung naik pesat.

Pukul 13.21 WITA, pesawat yang dijadwalkan take off pukul 12.25 WITA baru take off.

Pukul 15.00 WIB, pesawat yang ditumpangi mendarat dengan selamat di Bandara Internasional Juanda.

Pukul 16.00 WIB, rombongan berangkat ke Kota Malang menggunakan layanan angkutan darat.

Pukul 19.00 WIB, karena tingkat kemacetan di jalan yang cukup tinggi, rombongan baru tiba di Kota Malang dan langsung menuju ke penginapan untuk istrirahat sejenak sebelum keluar makan malam.

Pukul 22.00 WIB, rombongan kembali dari makan malan dan langsung instirahat untuk mempersiapkan tenaga mengikuti kegiatan ful keesokan harinya di UIN Malang.

17 April 2018:
Pukul 07.45 WIB, rombongan bertolak ke Pusat Pengembangan Bahasa UIN Malang.

Pukul 08.00 WIB, rombongan tiba di PPB UIN Malang dan langsung diterima oleh Kepala Pusat Pengembangan Bahasa UIN
Malang, Dr. H. M. Abdul Hamid., MA di ruangan dosen bahasa PPB UIN Malang. Sebelum dilakukan acara ramah tamah jajaran pimpinan PPB UIN Malang, mahasiswa dan instruktur bahasa UPB IAIN Manado melakukan dialog informal dengan beberapa mahasiswa UIN Malang.

Pukul 09.00 WIB, ramah tamah dan dialog langsung dengan jajaran pimpinan PPB UIN Malang dilakukan selama kurang lebih dua jam.

Pukul 11.00 WIB, para peserta rombongan diperkenalkan secara langsung pada berbagai layanan dan fasilitas pembelajaran bahasa yang dimiliki oleh PPB UIN Malang.

Pukul 12.30 WIB, rombongan mengikuti sholat jama'ah Dhuhur di Mesjid Ma'had Putra UIN Malang. Lalu, lanjut ke kantin Ma'had Putra UIN Malang untuk makan siang sambil menyaksikan secara langsung dinamika kehidupan para santri.

Pukul 13.30 WIB, rombongan berkunjunga ke Kantor Pusat Ma'had UIN Malang dan diterima langsung oleh Mudir/Direktur Ma'had Sunan Ampel UIN Malang, Dr. H. Akhmad Muzakki, MA. Peserta mendengarkan presentasi dari Mudir Ma'had selama kurang lebih 30 menit, lalu dilanjutkan dengan ramah tamah dan dialog hingga pukul 15.00 WIB.

Pukul 15.00 WIB, peserta rombongan melakukan observasi langsung ke dalam kelas Pembelajaran Bahasa Arab Intensif bagi mahasiswa semester 1-2 UIN Malang. Selama masa observasi, mereka masuk mengikuti pembelajaran di kelas dan berdialog dengan para mahasiswa UIN Malang.

Pukul 17.00 WIB, rombongan meninggalkan kampus UIN Malang. Mereka menyempatkan diri untuk singgah sejenak melihat suasana kampus Universitas Brawijaya dan Universitas Malang.

Pukul 18.00 WIB, rombongan bertolak ke Alun-Alun Kota Batu untuk belanja oleh-oleh sekaligus menikmati keindahan Kota Wisata Batu.

Pukul 22.00 WIB, rombongan kembali ke penginapan untuk beristirahat dan berkemas untuk berangkat pulang ke Manado.

18 April 2018:

Pukul 07.00 WIB, rombongan sarapan pagi di warung-warung makan khas Kota Malang di sekitar wilayah penginapan.

Pukul 08.30 WIB, rombongan meninggalkan Kota Malang menuju Bandara Int' Juanda.

Pukul 14.30 WIB, pesawat Lions Air yang ditumpangi take off menuju Manado.

Pukul 18.00 WITA, para peserta tiba dengan selamat di Kota Manado.

Harapan kami, para peserta dapat membantu IAIN Manado dalam pengembangan pembelajaran bahasa Arab dan Inggris ke depan melalui partisipasi nyata di Unit Pusat Pengembangan Bahasa di masa-masa mendatang.

Comments