Announcement‎ > ‎

Pusat Pengembangan Bahasa Didorong Memainkan Peran Strategis dalam Wacana dan Agenda Internasionalisasi PTKIN

posted May 13, 2018, 8:35 PM by Unit Pusat Bahasa IAIN Manado   [ updated May 13, 2018, 8:36 PM ]
Bertempat di Hotel Alpha, Kota Pekanbaru, hari Kamis 3 Mei 2018, Pusat Pengembangan Bahasa UIN Syarif Kasim menjadi
tuan rumah pertemuan FGD para Kepala Pusat Pengembangan Bahasa yang menghadirkan Direktur Pendidikan Tinggi Islam, Prof. Arskal Salim, Ph.D. Kegiatan FGD ini dilaksanakan di sela-sela acara seminar nasional (2-4 Mei 2018) dengan tema Internasionalizing Higher Education Services through Content-Based Instruction (CBI) at Indonesian Islamic Universities and Colleges yang menghadirkan beberapa pembicara dari Pusat Pengembangan Bahasa PTKIN.

Konsorsium Pusat Pengembangan Bahasa PTKIN melalui forum FGD tersebut meyampaikan beberapa rekomendasi untuk mendorong peran serta PPB di seluruh PTKIN. Di antara poin rekomendasi yang paling penting adalah peningkatan status semua PPB dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) menjadi lembaga. Penguatan PPB dalam struktur organisasi mendesak untuk dilakukan, menurut para Kepala PPB, mengingat misi dan beban kerja PPB sekarang tidak berbanding lurus dengan posisi institutional yang dimilikinya.

Rekomendasi ini disambut dengan baik oleh Bapak Direktur PTI, Prof. Arskal Salim, Ph.D. Beliau mengidekan bahwa seluruh PPB perlu menemukan platform yang sama untuk mendasari signifikansi keberadaannya dalam PTKIN. Selanjutnya, beliau menegaskan bahwa misi internasionalisasi perguruan tinggi Islam merupakan agenda strategis kontemporer yang memerlukan keterlibatan PPB dalam usaha implementasinya. Internasionalisasi, lanjut beliau, tidak mungkin terwujud tanpa ditopang oleh kemampuan mahasiswa dan dosen di PTKIN untuk berkomunikasi dalam salah satu bahasa internasional, khususnya Arab dan Inggris.

Guna menindaklanjuti rekomendasi ini, Direktur PTI berjanji akan meneruskannya ke Subdit terkait dengan pengembangan dan
akademik di Jakarta untuk mendapatkan perhatian dalam perecanaan program kerja Direktorat Pendidikan Tinggi Islam.

Dalam forum ini, para kepala Pengembangan Bahasa bertukar pengalaman dan ide. Salah satu ide yang didorong untuk diduplikasi dalam rangka penguatan fungsi dan posisi PPB adalah sentralisasi kegiatan pengembangan bahasa di PPB masing-masing perguruan tinggi. PPB harus menjadi sentra pengembangan materi dan kurikulum pembelajaran bahasa di setiap kampus. Dosen-dosen bahasa sebaiknya di tempatkan di PPB supaya mereka mendapatkan lingkungan yang tepat untuk memikirkan pengembangan bahasa secara fokus dan komprehensif. Jadi, meskipun homebase mereka di Prodi. kebahasaan terkait, tetapi tempat mereka berkarya seharusnya di PPB. Dengan kata lain, PPB menjadi laboratorium kerja bagi mereka. Dari titik ini, mereka mengembangkan visi dan misi secara menyeluruh untuk diterapkan pada tingkat institusi.