Qs & As

1. Apakah Program Peningkatan Potensi Bahasa Arab  dan inggris Pra-akademik wajib bagi semua mahasiswa baru IAIN Manado? 
JAWABAN: Iya, wajib karena sertifikat Program Potensi Bahasa Arab  dan inggris Pra-akademik menjadi prasyarat untuk mengikuti ujian komprehensif. 

2. Apakah ini berlaku untuk semua angkatan mahasiwa? 
JAWABAN: Ketetapan ini berlaku sejak tahun 2020 sehingga ia berlaku untuk semua mahasiswa sejak angkatan masuk tahun 2020

3. Apakah mahasiswa baru wajib mengikuti kelas Bahasa Inggris dan Bahasa Arab atau boleh memilih salah satunya saja? 
JAWABAN: Sejak 2017, mahasiswa baru yang tidak menerima beasiswa bidikmisi hanya boleh mengikuti kelas bahasa Inggris dalam Program Potensi Bahasa Arab  dan inggris Pra-akademik  IAIN Manado. 

4. Bagaimana dengan mahasiswa non bidikmisi yang berminat juga belajar Bahasa Arab? 
JAWABAN: Mereka akan menerima materi dan pembelajaran Bahasa Arab secara intensif dalam Program Kesantrian sebagai bagian dari komponen pendidikan karakter islami yang berwawasan multikultural. 

5. Mengapa Program Potensi Bahasa Arab  dan inggris Pra-akademik hanya menawarkan kelas Bahasa Inggris? 
JAWABAN: Karena visi Potensi Bahasa Arab  dan inggris Pra-akademik IAIN Manado ingin menekankan wawasan dan kompetensi global bagi mahasiswanya lewat keunggulan dalam media komunikasi bahasa Inggris. Di sisi lain, visi ini menjadikan Program Kesantrian sebagai basis pembentukan identitas dan karakter islami melalui media pembelajaran praktik, pengetahuan dan bahasa identitas keislaman, yaitu Bahasa Arab. 

6. Mengapa mahasiswa baru bidikmisi belajar dua bahasa dalam Program Matrikulasi, sedangkan yang lain hanya boleh belajar Bahasa Inggris? 
JAWABAN: Mahasiswa bidikmisi memiliki kewajiban mengikuti program penguatan kompetensi pada dua bahasa tersebut. Di sisi lain, mereka juga memiliki kewajiban mengikuti Program Potensi Bahasa Arab  dan inggris Pra-akademik sebagai mahasiwa baru IAIN Manado.

7. Bagaimana dengan mahasiswa yang gagal atau tidak ikut berpartisipasi dalam Program Potensi Bahasa Arab  dan inggris Pra-akademik , apakah mereka boleh ikut pada tahun berikutnya? 
JAWABAN: Tidak boleh. 

8. Lalu, bagaimana cara mereka menjadi dapatkan sertifikat Program Potensi Bahasa Arab  dan inggris Pra-akademik yang menjadi prasyarat bagi mereka mengikuti ujian komprehensif? 
JAWABAN: Mereka bisa mengikuti Training Intensif Bahasa Inggris atau Arab dan tes sertifikasi Program Potensi Bahasa Arab  dan inggris Pra-akademik yang dilaksanakan oleh pihak orang atau lembaga yang memiliki kesepakatan kerja sama dengan Unit Pusat Bahasa IAIN Manado.


Comments