Pembinaan tutor bahasa asing untuk mahasiswa angkatan 2022

Manado 08 Mei 2024 – UPT Pengembangan Bahasa IAIN Manado mengadakan kegiatan pembinaan tutor bahasa asing untuk mahasiswa angkatan 2022. Kegiatan ini akan berlangsung selama 15 kali pertemuan, mulai tanggal 09 hingga 24 Mei 2024, di Gedung Terpadu Lantai 2 Pusat Bahasa IAIN Manado. Kegiatan pembinaan ini diikuti oleh 12 mahasiswa yang telah terpilih melalui…

By.

min read

WhatsApp-Image-2024-05-22-at-06.44.37_a9e1cb3b

Manado 08 Mei 2024 – UPT Pengembangan Bahasa IAIN Manado mengadakan kegiatan pembinaan tutor bahasa asing untuk mahasiswa angkatan 2022. Kegiatan ini akan berlangsung selama 15 kali pertemuan, mulai tanggal 09 hingga 24 Mei 2024, di Gedung Terpadu Lantai 2 Pusat Bahasa IAIN Manado. Kegiatan pembinaan ini diikuti oleh 12 mahasiswa yang telah terpilih melalui seleksi ketat. Mereka adalah mahasiswa angkatan 2022 yang menunjukkan minat dan kemampuan dalam bahasa asing, yakni Bahasa Inggris, dan Bahasa Arab.


Kepala UPT Pengembangan Bahasa IAIN Manado, Husni Mubarak menyatakan bahwa pembinaan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan linguistik dan pedagogis para tutor. “Kami berharap para tutor ini dapat menjadi penggerak dalam meningkatkan kemampuan berbahasa asing di kalangan mahasiswa, serta berkontribusi dalam menciptakan lingkungan akademik yang lebih global. Kegiatan ini juga merupakan persiapan mahasiswa untuk mengikuti salah satu Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB) oleh kementrian Agama yakni Program Mora Overseas Student Mobility Awards (MOSMA).
Pembinaan ini mencakup berbagai sesi pelatihan, mulai dari teknik mengajar, penggunaan teknologi dalam pembelajaran, hingga strategi meningkatkan motivasi belajar siswa. Para peserta juga mendapatkan kesempatan untuk mengikuti Kursus Online oleh Lembaga kursus bahasa. asing dan berpengalaman.
Selain itu, kegiatan ini juga menghadirkan sesi diskusi dan berbagi pengalaman dari alumni. Bersamaan dengan itu, para alumni juga dipersiapkan juga untuk mengikuti Program Persiapan Studi Lanjut (PPSL) S2 di dalam maupun di luar negeri.
Dengan adanya pembinaan ini, UPT Pengembangan Bahasa IAIN Manado berharap dapat mencetak tutor-tutor yang kompeten dan siap berkontribusi dalam peningkatan kualitas pendidikan bahasa asing, khususnya di IAIN Manado. Kegiatan ini juga sejalan dengan visi misi IAIN Manado.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *